Kamis, 08 Juli 2010

PUISI, ANTARA SIMFONI DAN CAHAYA

Nurel Javissyarqi
http://pustakapujangga.com/2010/10/poetry-between-symphony-and-the-light/
 
Awalnya ini tidak disengajakan memprosesikan kreativitas penulisan puisi. Namun setelah terjadi, kehendak itu baru terlahir (hadir). Di saat-saat saya seolah penyair, padahal baru dua kumpulan puisi yang terbit, “Antologi Puisi Persembahan ‘Sarang Ruh’ (1999),” dan “Balada-Balada Takdir Terlalu Dini (2001).” Maka dapat dikategorikan sebentuk proses kreatif awal. Dan tulisan ini pernah dijadikan pengantar dalam diskusi di kampus UNISDA Lamongan, akhir tahun 2001.
 
Marilah mencoba, mengukur kedalaman lautan atau ketinggiannya; bentangan samudra perasaan dengan kerisauan yang berpegangan, antara kebimbangan serta ketakutan berkarya.
 
Sebenarnya saya nol ‘putul’ tentang jejenis lautan, ombak, karang, pegunungan atau langitan. Yang terasakan, jiwa menjangkau harapan dengan tidak pernah bertemu di kaki-tubuh lahiriah. Jiwa hanya membangun definisi dari kesakitan mendalam, ketersiksaan seluas jagat melepaskan sayap-sayap senyap kematian.
 
Telah banyak para guru memberikan saran bagi tubuh ini, tetapi tetaplah menjadi penduduk di perkampungan bingung di dalam dunianya orang linglung. Mungkin saja, tidak sadar memasuki kehidupan mereka yang tergila-gila kesendirian, menelusuri alam keterasingan tersayatnya batin-raga. Di samping meneguk madunya penciptaan, dari hasil-hasil lebah harapan serta mimpi-mimpi kemanusiaan.
 
Selembut apa dunia puisi, prosa, kepenyairan, kapujanggan? Di antara itu, seolah ada untaian sutra yang menjerat, memberi padanan halus, serumit ketika mewedarkan benang kusut. Sejenis carut-marut nalar-perasaan terbebani muatan. Yang nyatanya tidak dimengerti, beban itu sangat menyakitkan, yang sanggup menulikan jiwa perasaan.
 
Disaat mendenyutkan nafas-nafasnya, terjadi distorsi dalam rengkuhan susastra. Di mana pantulannya menjelma rumah berupa puisi terbaik. Lalu situasilah yang mengujinya; apakah manusia, alam, atau nasibnya sendiri (?).
 
Kerisauan mencipta puisi terbaik ialah menggila, was-was yang membuyarkan segala ingatan, sampai kadang sulit dimengerti artian kematangan lagi. Apakah murni hanya kegilaan semata (?).
 
Reruang-waktu menjadi pigura puitika. Adakalanya berada dalam kesakitan, walau menambah lebih penderitaan, memperdalam borok yang tidak terlihat mata.
 
Rasa memberat itu terletak dalam hati, yang sangat mengharapkan esensi puitika kesejatian. Sebaiknya menggunakan timbangan kesadaran, pula kontinuitas transparan (istiqomah), yang membimbing kepada penciptaan puisi murni.
 
Agar kebingungan yang tercipta menjelma bangunan pencerahan, lantas menjadikan ujaran. Walau pegangan tersebut timbul dari jiwa pembuka kemungkinan secara luas.
 
Puisi merupakan kabar kegembiraan yang tercetus dari kesakitan batin, tertuang atas ruang-waktu aneh atau kebingungan ganjil nan agung.
 
Saya tidak mensejajarkan sentuhan suntuk ini dengan yang dialami para utusan, saat ketiban (mendapati) ‘pulung’ wahyu. Namun pembaca dapat membandingkan, antara wahyu, ilham, pencerahan juga kesurupan.
 
Puisi, sajak atau syair, ialah sesuatu yang tidak dapat dilukiskan, bila ingin mendapati dimensi kesucian (keagungan). Namun bagaimana orang lain faham kemuliaan atau bukan, kalau tidak dilukiskan lewat kata-kata.
 
Ada pertaruhan tegas mencoret impresifnya, sehingga anak manusia berpijak pada elegi, simfoni, disamping ke-yatimpiatu-an, atau kerisauan penyair dalam format teramat dangkal.
 
Maukah penyair mengagungkan kata setiap harinya menjadi bahasa puisi? Di sini pun konsep kesederhanaan membuyar, kala dipandang dari segi individualitas pencipta. Tapi saya percaya, pembaca memiliki lautan seimbang airnya, meski terpengaruh gaya gravitasi semangat dan gairah rahasia individual.
 
Dari itu, dia yakin hukuman alam. Bahwa setiap kali menanam kan mendapati yang diharapkan, meski kadang wujudnya tidak sesuai impian semula. Namun di atas kepercayaan, ada keyakinan lebih tinggi. Yakni ornamen kesejatian yang datangnya dari Sang Khaliq.
 
Belum cukup kita punggah beban menjadi racikan cair plastisita. Tapi untunglah kita memiliki patokannya pada jarak badan terlihat di kali (sungai). Bagi menyusuri sungai-sungai angan atau obsesi, walau sendirian termangu di pinggir prigi. Bagaimana mencipta sarang, dan menerbangkan setiap sentuhan nada-nada nurani kepada luasnya kesemestaan.
 
Marilah mengupas kulitan cahaya rasa “Ardhanareswari puisi,” mendefinisikan sebagai kabar kegembiraan, dari kematangan prosesi “Arok bertahta,” bukannya terperoleh karbitan, namun pemberontakan.
 
Ialah puisi itu kata-kata yang terangkum dalam judul, mengandung suasana yang tertangkap atas nafas-nafas agung sang pujangga (?).
 
Menurut saya, puisi tergolong tiga dimensi kehidupan:
Pertama, puisi yang merekam masa lampau serta melukiskan hikmah mendalam, dan bertahan dalam ruang-waktu mendatang.
 
Kedua, puisi yang merekam kejadian sedang berlangsung di lingkungan penyairnya. Puisi ini pula kudu (harus) tahan uji perkembangan, tidak termakan usia berhala matahari jaman.
 
Ketiga, puisi yang merekam waktu-waktu mendatang. Ini merupakan keahlian penyair (pujangga) dalam m(p)enajaman rasa, yang tentu terperoleh atas pertolongan tuhan Allah, Sang Yang Maha Faham akan ruh. Sehingga dapat menggambarkan situasi mendatang dengan karya penciptaan yang spektakuler, serta mempunyai umur gerak rentang keabadian.
 
Pada pengalaman saya, puisi merupakan kristalisasi prosa. Atau puisi adalah lempengan prosa yang telah matang kata-kata. Yang terekam dalam penjiwaan, lalu terejawantah lebih memadat, semacam kode bagi intelejen.
 
Jadi puisi itu, lukisan jiwa yang tergambar berupa kata-kata membunting, atau bahasa lebih dari sekadar sesimbul; dalam perut pralambangnya ada makhluk menawan atau bengis menakutkan, sekuat kedalaman penciptaan. Walau separuh di atas dapat terjadi, atau penciptaan puisi tanpa melewati tahap karya prosa.
 
Puisi itu alunan lagu diam yang terbacakan dalam antologi, dan tari-tarian yang ditampilkan saat dibacakan di atas panggung.
 
Setengah puisi terbaik ialah hasil penggalian jiwa secara matang, tertuang sangat cermat dari pemikiran jitu, atau dari intelegensi perasaan seorang telik sandi.
 
Acapkali vibrasi dan atmosfer dunia lain berbicara di sana. Apalagi bila dimaksud menghadirnya puisi transenden. Yang mempunyai aroma spesifik, semisal karya Tagore, Hallaj maupun Rumi. Yang persepsi holistisnya menjiwai untaian sajak, menyeruak menuju kebakaan.
 
Terlepas ujaran di atas, menulis ialah suatu kebebasan sebagaimana seorang autodidak. Maka ketika dimaksudkan puisi, kata-katanya bersuasana puitika.
 
Setiap penulis mendalami batin raga puisi, menemukan madunya kegiatan, terminum kesunyian wangi. Yang menumbuhkan bulu-bulu sayap kecantikan demi diterbangkan, setarikan daya-dinayanya sendiri. Dan khalayak menilai jika dipropagandakan, berpenampakan dari penjara ruang-waktunya.
 
Setiap orang menulis dan menulis sebagai teman bermainnya. Maka kebaikan alam mengasihi, sepanjang tidak pengecut meninggalkan bakatnya. Sketsa ini mungkin dapat dikatakan sebagai salah satu alternatif konsep kepenyairan.
 
Sulit memang dijelaskan, bahkan mustahil memvonis sebuah karya dalam klasifikasi jelek atau bagus. Lantaran setiap karya cipta, menyimpan kandungan misteri masing-masing. Dan kurang bijak bila mengoreksi telanjang ugal-ugalan, karna yang patut menilai, atau yang mengeliminasi adalah Sang Waktu. Sementara mereka memberikan motivasi, atas ladang pacuan kreativitas.
 
Hanya setiap karya dapat terbaca; apakah telah matang atau masih asam, tengah mampu mengatur emosinya atau membuta, iseng atau menggurat keseriusan, dlsb.
 
Memang setiap karya perlu adanya penilaian pihak lain. Namun apakah mereka tahu persis saat terjadinya penciptaan? Yang di dalamnya ada misteri terpendam. Bahkan kita perlu bertarung untuk mendisposisikan; apakah ini produk kekenesan ataukah sebuah makna kental (?).
 
Sekelumit ini seraya berharap dijadikan batu pijakan dalam rumah kebijakan sendiri, serta bagi yang mau ulang membaca-cipta. Sehingga bebuahnya yang bergelantungan enak dimakan, dan tidak sekadar bahan renungan.

[Ditulis antara Yogya, Cirebon dan Jakarta dalam kereta api, Agustus 1999]. http://sastra-indonesia.com/2009/03/puisi-antara-simfoni-dan-cahaya/

Tidak ada komentar:

(1813-1883) Abdul Hadi W.M. Adelbert von Chamisso (1781-1838) Affandi Koesoema (1907–1990) Agama Para Bajingan Ajip Rosidi Akhmad Taufiq Albert Camus Alexander Sergeyevich Pushkin (1799–1837) Amy Lowell (1874-1925) Andong Buku #3 André Chénier (1762-1794) Andy Warhol Antologi Puisi Tunggal Sarang Ruh Anton Bruckner (1824 –1896) Apa & Siapa Penyair Indonesia Arthur Rimbaud (1854-1891) Arthur Schopenhauer (1788-1860) Arti Bumi Intaran Bahasa Bakat Balada-balada Takdir Terlalu Dini Bangsa Basoeki Abdullah (1915 -1993) Batas Pasir Nadi Beethoven Ben Okri Bentara Budaya Yogyakarta Berita Biografi Nurel Javissyarqi Budaya Buku Stensilan Bung Tomo Candi Prambanan Cantik Chairil Anwar Charles Baudelaire (1821-1867) Cover Buku Dami N. Toda Dante Alighieri (1265-1321) Dante Gabriel Rossetti (1828-1882) Denanyar Jombang Dendam Desa Dwi Pranoto Edisi Revolusi dalam Kritik Sastra Eka Budianta Emily Dickinson (1830-1886) Esai Esai-esai Pelopor Pemberontakan Sejarah Kesusastraan Indonesia Feminisme Filsafat Forum Kajian Kebudayaan Hindis Yogyakarta Foto Lawas François Villon (1430-1480) Franz Schubert (1797-1828) Frederick Delius (1862-1934) Friedrich Nietzsche (1844-1900) Friedrich Schiller (1759-1805) G. J. Resink (1911-1997) Gabriela Mistral (1889-1957) Goethe Hallaj Hantu Hazrat Inayat Khan Henri de Régnier (1864-1936) Henry Lawson (1867-1922) Hermann Hesse Ichsa Chusnul Chotimah Identitas Iftitahur Rohmah Ignas Kleden Igor Stravinsky (1882-1971) Ilustrator Cover Sony Prasetyotomo Indonesia Ingatan Iqbal Ismiyati Mukarromah Javissyarqi Muhammada Johannes Brahms (1833-1897) John Keats (1795-1821) José de Espronceda (1808-1842) Joseph Maurice Ravel (1875 - 1937) Jostein Gaarder Kadipaten Kulon 49 c Kajian Budaya Semi Karya Karya Lukisan: Andry Deblenk Kata-kata Mutiara Kausalitas Kedutaan Perancis Kegagalan Kegelisahan Kekuasaan Kemenyan Ken Angrok Kenyataan Kesadaran KH. M. Najib Muhammad Khalil Gibran (1883-1931) Kitab Para Malaikat Kitab Para Malaikat (Book of the Angels) Komunitas Deo Gratias Konsep Korupsi Kritik Sastra Kulya dalam Relung Filsafat Kumpulan Cahaya Rasa Ardhana Lintang Sastra Ludwig Tieck Luís Vaz de Camões Lupa Magetan Makna Maman S. Mahayana Marco Polo (1254-1324) Masa Depan Matahari Max Dauthendey (1867-1918) Media: Crayon on Paper MEMBONGKAR MITOS KESUSASTRAAN INDONESIA Menggugat Tanggung Jawab Kepenyairan Sutardji Calzoum Bachri Michelangelo (1475-1564) Mimpi Minamoto Yorimasa (1106-1180) Mistik Mitos Modest Petrovich Mussorgsky (1839-1881) Mohammad Yamin Mojokerto Mozart Natural Nurel Javissyarqi Orasi Budaya Akhir Tahun 2018 Pablo Neruda Pahlawan Pangeran Diponegoro Panggung Paul Valéry (1871-1945) PDS H.B. Jassin Pelantikan Soekarno sebagai Presiden R.I.S (17 Desember 1949) Pembangunan Pemberontak Pendapat Pengangguran Pengarang Penjajakan Penjarahan Penyair Penyair Tak Dikenal Peperangan Perang Percy Bysshe Shelley (1792–1822) Perkalian Pierre de Ronsard (1524-1585) PKI Plagiator Post-modern Potret Sang Pengelana (Nurel Javissyarqi) Presiden Penyair Proses Kreatif Puisi Puitik Pujangga PUstaka puJAngga R. Ng. Ronggowarsito (1802-1873) Rabindranath Tagore Rainer Maria Rilke (1875-1926) Realitas Reuni Alumni 1991/1992 Mts Putra-Putri Simo Revolusi Revormasi Richard Strauss (1864-1949) Richard Wagner (1813-1883) Rimsky-Korsakov (1844-1908) Rindu Robert Desnos (1900-1945) Rosalía de Castro (1837-1885) Ruang Rumi Sajak Sakral Santa Teresa (1515-1582) Sapu Jagad Sara Teasdale (1884-1933) Sastra SastraNESIA Sayap-sayap Sembrani Segenggam Debu di Langit Sejarah Self Portrait Self Portrait Nurel Javissyarqi by Wawan Pinhole Seni Serikat Petani Lampung Shadra Sihar Ramses Simatupang Sumpah Pemuda Sungai Surabaya Suryanto Sastroatmodjo Sutardji Calzoum Bachri tas Sastra Mangkubumen (KSM) Taufiq Wr. Hidayat Telaga Sarangan Temu Penyair Timur Jawa Tengsoe Tjahjono Thales Trilogi Kesadaran Tubuh Ujaran-ujaran Hidup Sang Pujangga Universitas Jember Waktu Walter Savage Landor (1775-1864) Wawan Pinhole William Blake (1757-1827) William Butler Yeats (1865-1939) Wislawa Szymborska Yasunari Kawabata (1899-1972) Yayasan Hari Puisi Indonesia 2017 Yogyakarta Yuja Wang Yukio Mishima (1925-1970) Zadie Smith (25 Oktober 1975 - )