Nurel Javissyarqi*
Inilah gagasan peleburan, demi mencapai keuniversalan makna.
Berbincang mengenai ruang, mau tidak mau menyoal ukuran, bentuk, warna dalam tampakan. Lantas ditariknya sebagai saksi. Menjadi saksi bisu jika tak memiliki waktu.
Ketika membahas waktu, pelaku dihadapkan panjang-pendeknya masa, menggebu-terlena, kejumudan atau hal biasa. Dan ruang itu semacam kata, angka, lebar, lonjong pula bulatan. Sedangkan waktu ialah ruh daripada ruangan.
Jika berbicara waktu tanpa menyoal tempat, seolah membahas hantu, atau waktu-waktu gentayangan tanpa aktivitas kaki-kaki kesadaran. Dan jika membahas ruangan tanpa waktu, bisa dimasukkan sebagai pemberhentian, rumah tidak berpenghuni, kawasan kering yang hanya mementingkan logika. Jikalau ruang-waktu terkumpul, itulah yang dinamakan realitas kesadaran.
Andai dipetakan, ruang semacam pandangan logika, sedangkan waktu membicarakan esensinya. Ketika digabungkan menjelmalah karya bernilai universal, persekutuan materialistis-filosofis, strukturalis yang natural.
Untuk mendedah serpihan di atas, marilah mencoba melancarkan jawab;
“kata” saya masukkan dalam kelompok ruangan, sebab kata-kata bukan kesadaran itu sendiri, meski membentuk susunan. Atau saya berpandangan akan kekuasaan pasar, pembaca itulah yang menentukan logikanya. Kefahaman ialah prodak atas jalinan waktu menyuntuki kata. Persetubuhan ingin mengerti esensi daripada kata atau ruang tersebut.
Dan “angka” saya tempatkan juga di bagian ruang, sebab betapa pun angka berjejer, tidak memiliki makna khusus sebelum menemukan tanda baca atau maksud. Maksud itu sebagaimana perkalian, penambahan, pengurangan, penjumlahan dsb. Di sini, maksud menempati jembatan ruang-waktu. Jalannya nalar waktu sebagai kegiatan perhitungan akan esensi bahasa angka.
Panjang, lebar pun bulatan, merupakan tubuh dari ruangan. Dan itu takkan berarti, jika tidak berada dalam masa-masa bermanfaat, berangkat dari kegunaan waktu-waktu yang dibutuhkan. Ini sedikit membingungkan, namun ketika telah menguasai keberadaan ruang-waktu atas kesadaran mandiri. Maka ketepatannya akan muncul semacam tercerahkan.
Sebelum menginjak keinginan judul. Seyogyanya mengetahui secara detail makna ruang dan waktu. Kita sering terkungkung persoalan yang tidak tepat waktu. Atau ternyata kerja kita diperintahkan ruang dan waktu. Seolah dalam tahanan keduanya, terjebak di salah satunya, juga keinginan diri semata.
Dalam bahasa teater, kita mengenal istilah -tidak menguasai ruangan. Orang semacam ini tidak menyadari kepentingan ruangan. Misalkan, kita tidak dapat berlalu-lalang di tengah jalan terus-menerus, kalau menginginkan keselamatan.
Kalau hanya mengetahui ruang-waktu serta manfaatnya dengan terikat, tidak ubahnya orang gila yang masih menggembol rasa ketakutan, yang berjalan di trotoar. Di pihak lain, kenekatan tidak bisa dihakimi sebagai hal tidak sadarnya pada ruang dan waktu. Jikalau ruang membutuhkan revolusi, atas waktu berkepentingan mendesak lebih bermanfaat.
Kita seharusnya di atas orang-orang gila yang sadar ruang-waktu. Meleburkan keduanya dengan mengambil manfaat sebagai jawaban inti. Yakni hakikat hayat terlaksana, yang tidak terbentur kedua-duanya.
Jangan mandek datangnya senja turunnya malam. Namun ukuran senja dan malam merasuk dalam diri yang terkendalikan semangat, endapan renungan dalam istirah. Dan ruang-waktu dianggap bumbu perjalanan hayat, sejenis iklim atau musim yang berada di luar. Kalau tak ingin terpenjara datangnya musim cuaca terang, dinginnya gelap malam, demi mencapai pribadi yang berkualitas.
Ketika ruang-waktu lebur dalam pribadi. Keduanya bukan yang membentuk kualitas diri, tetapi kitalah yang menciptakan bobot ruang-waktu tersebut. Dan mendapati manfaat, nilai-nilai tidak terpenjara wacana musim gagasan sepihak.
*) Pengelana asal Lamongan. Pengantar diskusi di Universitas Tujuhbelas Agustus Surabaya, 1 Desember 2005.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
(1813-1883)
Abdul Hadi W.M.
Adelbert von Chamisso (1781-1838)
Affandi Koesoema (1907–1990)
Agama Para Bajingan
Ajip Rosidi
Akhmad Taufiq
Albert Camus
Alexander Sergeyevich Pushkin (1799–1837)
Amy Lowell (1874-1925)
Andong Buku #3
André Chénier (1762-1794)
Andy Warhol
Antologi Puisi Tunggal Sarang Ruh
Anton Bruckner (1824 –1896)
Apa & Siapa Penyair Indonesia
Arthur Rimbaud (1854-1891)
Arthur Schopenhauer (1788-1860)
Arti Bumi Intaran
Bahasa
Bakat
Balada-balada Takdir Terlalu Dini
Bangsa
Basoeki Abdullah (1915 -1993)
Batas Pasir Nadi
Beethoven
Ben Okri
Bentara Budaya Yogyakarta
Berita
Biografi Nurel Javissyarqi
Budaya
Buku Stensilan
Bung Tomo
Candi Prambanan
Cantik
Chairil Anwar
Charles Baudelaire (1821-1867)
Cover Buku
Dami N. Toda
Dante Alighieri (1265-1321)
Dante Gabriel Rossetti (1828-1882)
Denanyar Jombang
Dendam
Desa
Dwi Pranoto
Edisi Revolusi dalam Kritik Sastra
Eka Budianta
Emily Dickinson (1830-1886)
Esai
Esai-esai Pelopor Pemberontakan Sejarah Kesusastraan Indonesia
Feminisme
Filsafat
Forum Kajian Kebudayaan Hindis Yogyakarta
Foto Lawas
François Villon (1430-1480)
Franz Schubert (1797-1828)
Frederick Delius (1862-1934)
Friedrich Nietzsche (1844-1900)
Friedrich Schiller (1759-1805)
G. J. Resink (1911-1997)
Gabriela Mistral (1889-1957)
Goethe
Hallaj
Hantu
Hazrat Inayat Khan
Henri de Régnier (1864-1936)
Henry Lawson (1867-1922)
Hermann Hesse
Ichsa Chusnul Chotimah
Identitas
Iftitahur Rohmah
Ignas Kleden
Igor Stravinsky (1882-1971)
Ilustrator Cover Sony Prasetyotomo
Indonesia
Ingatan
Iqbal
Ismiyati Mukarromah
Javissyarqi Muhammada
Johannes Brahms (1833-1897)
John Keats (1795-1821)
José de Espronceda (1808-1842)
Joseph Maurice Ravel (1875 - 1937)
Jostein Gaarder
Kadipaten Kulon 49 c
Kajian Budaya Semi
Karya
Karya Lukisan: Andry Deblenk
Kata-kata Mutiara
Kausalitas
Kedutaan Perancis
Kegagalan
Kegelisahan
Kekuasaan
Kemenyan
Ken Angrok
Kenyataan
Kesadaran
KH. M. Najib Muhammad
Khalil Gibran (1883-1931)
Kitab Para Malaikat
Kitab Para Malaikat (Book of the Angels)
Komunitas Deo Gratias
Konsep
Korupsi
Kritik Sastra
Kulya dalam Relung Filsafat
Kumpulan Cahaya Rasa Ardhana
Lintang Sastra
Ludwig Tieck
Luís Vaz de Camões
Lupa
Magetan
Makna
Maman S. Mahayana
Marco Polo (1254-1324)
Masa Depan
Matahari
Max Dauthendey (1867-1918)
Media: Crayon on Paper
MEMBONGKAR MITOS KESUSASTRAAN INDONESIA
Menggugat Tanggung Jawab Kepenyairan Sutardji Calzoum Bachri
Michelangelo (1475-1564)
Mimpi
Minamoto Yorimasa (1106-1180)
Mistik
Mitos
Modest Petrovich Mussorgsky (1839-1881)
Mohammad Yamin
Mojokerto
Mozart
Natural
Nurel Javissyarqi
Orasi Budaya Akhir Tahun 2018
Pablo Neruda
Pahlawan
Pangeran Diponegoro
Panggung
Paul Valéry (1871-1945)
PDS H.B. Jassin
Pelantikan Soekarno sebagai Presiden R.I.S (17 Desember 1949)
Pembangunan
Pemberontak
Pendapat
Pengangguran
Pengarang
Penjajakan
Penjarahan
Penyair
Penyair Tak Dikenal
Peperangan
Perang
Percy Bysshe Shelley (1792–1822)
Perkalian
Pierre de Ronsard (1524-1585)
PKI
Plagiator
Post-modern
Potret Sang Pengelana (Nurel Javissyarqi)
Presiden Penyair
Proses Kreatif
Puisi
Puitik
Pujangga
PUstaka puJAngga
R. Ng. Ronggowarsito (1802-1873)
Rabindranath Tagore
Rainer Maria Rilke (1875-1926)
Realitas
Reuni Alumni 1991/1992 Mts Putra-Putri Simo
Revolusi
Revormasi
Richard Strauss (1864-1949)
Richard Wagner (1813-1883)
Rimsky-Korsakov (1844-1908)
Rindu
Robert Desnos (1900-1945)
Rosalía de Castro (1837-1885)
Ruang
Rumi
Sajak
Sakral
Santa Teresa (1515-1582)
Sapu Jagad
Sara Teasdale (1884-1933)
Sastra
SastraNESIA
Sayap-sayap Sembrani
Segenggam Debu di Langit
Sejarah
Self Portrait
Self Portrait Nurel Javissyarqi by Wawan Pinhole
Seni
Serikat Petani Lampung
Shadra
Sihar Ramses Simatupang
Sumpah Pemuda
Sungai
Surabaya
Suryanto Sastroatmodjo
Sutardji Calzoum Bachri
tas Sastra Mangkubumen (KSM)
Taufiq Wr. Hidayat
Telaga Sarangan
Temu Penyair Timur Jawa
Tengsoe Tjahjono
Thales
Trilogi Kesadaran
Tubuh
Ujaran-ujaran Hidup Sang Pujangga
Universitas Jember
Waktu
Walter Savage Landor (1775-1864)
Wawan Pinhole
William Blake (1757-1827)
William Butler Yeats (1865-1939)
Wislawa Szymborska
Yasunari Kawabata (1899-1972)
Yayasan Hari Puisi Indonesia 2017
Yogyakarta
Yuja Wang
Yukio Mishima (1925-1970)
Zadie Smith (25 Oktober 1975 - )
Kitab Para Malaikat
- MUQADDIMAH: WAKTU DI SAYAP MALAIKAT, I – XXXIX
- MEMBUKA RAGA PADMI, I: I – XCIII
- HUKUM-HUKUM PECINTA, II: I – CXIII
- BAIT-BAIT PERSEMBAHAN, III: I – XCIII
- RUANG-RUANG MENGABADIKAN, IV: I – XCVIII
- MUSIK-TARIAN KEABADIAN, V: I – LXXIV
- DIRUAPI MALAM HARUM, VI: I – LXXVII
- KEINGINAN-KEINGINAN MULIA, VII: I – LXXXVII
- DI ATAS TANDU LANGITAN, VIII: I – CXXIII
- ANAK SUNGAI FILSAFAT, IX: I – CI
- SEKUNTUM BUNGA REVOLUSI, X: I- XCI
- PENAMPAKAN DOA SEMALAM, XI: I- CVI
- DUKA TANGIS BUSA, XII: I – CXVIII
- GELOMBANG MERAWAT PANTAI, XIII: I – CXI
- MENGEMBALIKAN NIAT SUCI, XIV: I – CIX
- PEMBANGUN DUNIA GANJIL, XV: I – XCIII
- SIANG TUBUH, MALAM JIWANYA, XVI: I – CXIII
- SECERCA CAHAYA KURNIA, XVII: I – CI
- TANAH KELAHIRAN MASA, XVIII: I – CXXVII
- RUANG-WAKTU PADAT, XIX: I – XC
- MUAKHIR; KESAKSIAN-KESAKSIAN, XX: I – CXXVI
- Mulanya
- Menggugat Tanggung Jawab Kepenyairan Sutardji Calzoum Bachri (I)
- Menggugat Tanggung Jawab Kepenyairan Sutardji Calzoum Bachri (II)
- Menggugat Tanggung Jawab Kepenyairan Sutardji Calzoum Bachri (III)
- Menggugat Tanggung Jawab Kepenyairan Sutardji Calzoum Bachri (IV)
- Menggugat Tanggung Jawab Kepenyairan Sutardji Calzoum Bachri (V)
- Menggugat Tanggung Jawab Kepenyairan Sutardji Calzoum Bachri (VI)
- Menggugat Tanggung Jawab Kepenyairan Sutardji Calzoum Bachri (VII)
- Akhirnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar