Nurel Javissyarqi
http://pustakapujangga.com/
Dante Alighieri lahir di Florence 1265, meninggal dunia di kota Ravenna, Italia 1321. Menulis sajak secara autodidak dan sempat kuliah di universitas Bologna. Oleh ingatannya atas perkenalan dengan seorang gadis bernama Beatrice, terlindaslah mengarang sajak-sajak menuju ketenarannya yang bertitel Divina Comedia (1307 - 1321). Pernah dipanggil ke Bologna menerima tanda penghargaan tertinggi sebagai penyair, namun ditampiknya. Divina Comedia terdiri tiga bagian, Neraka, Antara Neraka dan Surga, Surga; masing-masing 33 nyanyian. Menurut Ibnu Arabi, Dante terinspirasi Isra’ Mikraj Nabi Muhammad SAW dalam pokok fikiran sajak-sajaknya.
***
Di jalan sunyi, debu-debu menandakan bumi semakin tua, Dante berlari-lari kecil menyambut senyum Beatrice, saling memanggil berkejaran serta sembunyi. Ada tawa renyah di balik mata jelita, seakan tiada peperangan juga intrik di masa mendatang, pahit getir hati pun belum tersingkap realita.
Nyanyian kanak penuh impian terindah laksana bintang-gemintang malam hari di balik kaca bening rumah. Nafas-nafas mengeja kabut, embun di kening daun-daun, masa dilalui penuh keriangan, ketentraman dilindungi kasih sayang.
Jika matahari mulai tampak bersinar, merindu kuncupan mekar, tak harus dimaknai kerutan dahi, lewat kerlingan mata sudah sampai. Sebab ketulusan menghantar menyeberangi gemawan, menyusuri lembah pebukitan belum tampak gerak peradaban.
Waktu mendetak pelahan selembut sungai memantulkan inspirasi semua orang. Ada kemurnian sampai ke lautan, ketika naluri menerima kehati-hatian. Saat usianya menanjak dewasa, senyum Beatrice kian berbunga, tubuh montok menebarkan bauan sedap. Jika malam paling padat, siang seteduh bulan kesiangan.
Dante ibaratkan puisi hidup, tiap lekuk badannya bersimpan perbendaharaan, bait-bait gaib sulit digubah kecuali berpanggilan senja; kesejatian hayatlah terpancang di sana. Dante tergila-gila bayangan sendiri, terperas nalar kesenimannya tak juga sampai, sebab wanita agung menghitung nasibnya melewati jari-jemari.
Tahun 1289, Dante bergerak ke medan militer sebagai pemimpin pasukan dan mendapati nama baik, tapi takdir keintiman bersama Beatrice tak semulus karirnya. Nasib malang jatuh kentir kalau tak malang melintang kembara, menyusuri jalan-jalan dulu yang usang, menelisiki menjejakkan mimpi tertutupi debu-debu perubahan, kesirnaan tampak kala pujaan hatinya direbut seorang bangkir; Portinari.
Menggelandang jiwa terluka mencari keteduhan, menghibur diri belajar tekun berendaman di sendang kefalsafahan hayati serta ilmu ketuhanan. Kenangan menjelma racun, madu murni pun ampas tebu, tergantung mengolahnya, kepahitan menyodok ke batas kegelisahan juga ambang kegoblokan, di sini insan unggul diuji, lolos atau hancur.
Was-was ketakutan ialah tembang terindah, sedang harapan elok hanya kelembutan mega, dirinya tak pantang menyerah menyelidiki masa dilampaui sambil membolak-balikkan catatan di samping mencecap madu keilmuan. Memeras kalbu fikiran memadukan kata-kata pun warna yang melintas di awang-uwung pencarian, mengendap kadang berjingkat melesat, ingatan-ingatannya jejaring siap menangkap ruh gentayangan.
Kabar kemenjadian puisi belum terungkap, syair durung dikeruk sedari dasar bumi kehidupan, bersuntuk siang-malam hingga badan panas dingin tak dihirau, terpaku segugusan piramida keyakinan seperti patung sphinx penjaga harta pengetahuan. Terus mengupas hati lapis demi lapis membuncah gairah tak terhingga, lembar demi lembar merontokkan keyakinan semula, atau tengah disusupi iman tunggal kehadiran niscaya sekabaran neraka.
Tetes-tetes keringatnya menetaskan burung-burung ajaib menerbangkan lebih jauh dari penalaran firasat, ada tertanda setiap langkah manusia diyakini, laksana menggiring angin bersayap perkasa. Begitu jauh menarik kaidah tersembunyi bagai mata dibuyarkan cahaya, kian terang pucat laksana mayat, dirinya digetarkan lebih hidup dari apa yang dirasai sebelumnya.
Disusupi hawa menggelinjak ombak membentur batuan karang, cerdik cekatan memotong satu-satuan masa. Umpama air laut menjelma garam, tubuh meringkuk gembel di tepian kamar belajar jauh dari mata-mata. Gemuruh badai hayat terus menerbangkan jiwa, diayun-ayun pusaran taupan melempeng keras, puisi sebagai keyakinannya.
***
Di bawah ini kuambil nukilan NERAKA III, 1-9 karya Dante Alighieri dari buku Puisi Dunia, jilid I, susunan M. Taslim Ali, terbitan Balai Pustaka, 1952.
Karena aku kaupun masuk kota sengsara
Karena aku kauderita sangsai tak berhingga
karena aku kaulihat bangsa dilaknat siksa.
Lantaran adil-Nya akupun dicipta-Nya
Kasih pertama bekerja membangun aku
Ditilik mahabijaksana dan iradat-Nya.
Selain yang abadi, tiada ciptaan ketemu
Sebelum aku, pula abadi perlanjutan aku:
Lepaslah, siapa masuk, segala harapanmu!
Lalu kutatap kata-kata yang suram itu,
Tertulis di papan pada atas rangka gerbang.
Kataku: Sungguh kejam tulisan dinding itu.
Tapi aku diisyaratinya lembut dan terang:
Di sini pantang memutar pikir ke belakang,
Membiar ketakutan di cermin hati membayang.
***
Kurasakan kata-kata dalam sajaknya diruapi alam kubur, ataukah sudah meruh kebakaan berabadi. Dante memandangi dunia tak lagi di tempat menggigil, sangat tegar melebihi perhitungan iman yang tertancap di setiap kata-hati.
Ada perjanjian tak dapat diundat perubahan, diresapi kehusyukan batu goa, tiada sanggup melewati kecuali kesabaran air menelisiki serat-seratnya. Ada pecahan sejarah takdir menghempas cahaya, Dante menangkapnya bagai menyambar petir menjelma trisula, menggeledek nalar-nalar pembaca.
Jikalau diriku tak hadir di akhir jaman, mungkin tak sanggup membacanya lebih jelas dari ucapan; peradaban kini tanjung karang tinggi menjulang. Aku saksikan karyanya serupa kota tua paling angkuh dan belum ada mampu merobohkan, sebab telah mengikat nasib mereka dengan perjamuan kekekalan.
Nujummu Dante tertoreh di sini, di belantara puisi sewujud singa mengaum meruntuhkan mental-mental tanggung. Lewat tetesan keringat meluncur dari keningku, kuterjemahkan padatan waktumu atas restu Maha Waktu. Dan kusetubuhi maksud yang pilu, keluar masuk kesuraman terjal tanpa belas kasih kecuali bayangan cermin iradat-Nya. Maka kuciumlah keningmu dalam keabadian.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
(1813-1883)
Abdul Hadi W.M.
Adelbert von Chamisso (1781-1838)
Affandi Koesoema (1907–1990)
Agama Para Bajingan
Ajip Rosidi
Akhmad Taufiq
Albert Camus
Alexander Sergeyevich Pushkin (1799–1837)
Amy Lowell (1874-1925)
Andong Buku #3
André Chénier (1762-1794)
Andy Warhol
Antologi Puisi Tunggal Sarang Ruh
Anton Bruckner (1824 –1896)
Apa & Siapa Penyair Indonesia
Arthur Rimbaud (1854-1891)
Arthur Schopenhauer (1788-1860)
Arti Bumi Intaran
Bahasa
Bakat
Balada-balada Takdir Terlalu Dini
Bangsa
Basoeki Abdullah (1915 -1993)
Batas Pasir Nadi
Beethoven
Ben Okri
Bentara Budaya Yogyakarta
Berita
Biografi Nurel Javissyarqi
Budaya
Buku Stensilan
Bung Tomo
Candi Prambanan
Cantik
Chairil Anwar
Charles Baudelaire (1821-1867)
Cover Buku
Dami N. Toda
Dante Alighieri (1265-1321)
Dante Gabriel Rossetti (1828-1882)
Denanyar Jombang
Dendam
Desa
Dwi Pranoto
Edisi Revolusi dalam Kritik Sastra
Eka Budianta
Emily Dickinson (1830-1886)
Esai
Esai-esai Pelopor Pemberontakan Sejarah Kesusastraan Indonesia
Feminisme
Filsafat
Forum Kajian Kebudayaan Hindis Yogyakarta
Foto Lawas
François Villon (1430-1480)
Franz Schubert (1797-1828)
Frederick Delius (1862-1934)
Friedrich Nietzsche (1844-1900)
Friedrich Schiller (1759-1805)
G. J. Resink (1911-1997)
Gabriela Mistral (1889-1957)
Goethe
Hallaj
Hantu
Hazrat Inayat Khan
Henri de Régnier (1864-1936)
Henry Lawson (1867-1922)
Hermann Hesse
Ichsa Chusnul Chotimah
Identitas
Iftitahur Rohmah
Ignas Kleden
Igor Stravinsky (1882-1971)
Ilustrator Cover Sony Prasetyotomo
Indonesia
Ingatan
Iqbal
Ismiyati Mukarromah
Javissyarqi Muhammada
Johannes Brahms (1833-1897)
John Keats (1795-1821)
José de Espronceda (1808-1842)
Joseph Maurice Ravel (1875 - 1937)
Jostein Gaarder
Kadipaten Kulon 49 c
Kajian Budaya Semi
Karya
Karya Lukisan: Andry Deblenk
Kata-kata Mutiara
Kausalitas
Kedutaan Perancis
Kegagalan
Kegelisahan
Kekuasaan
Kemenyan
Ken Angrok
Kenyataan
Kesadaran
KH. M. Najib Muhammad
Khalil Gibran (1883-1931)
Kitab Para Malaikat
Kitab Para Malaikat (Book of the Angels)
Komunitas Deo Gratias
Konsep
Korupsi
Kritik Sastra
Kulya dalam Relung Filsafat
Kumpulan Cahaya Rasa Ardhana
Lintang Sastra
Ludwig Tieck
Luís Vaz de Camões
Lupa
Magetan
Makna
Maman S. Mahayana
Marco Polo (1254-1324)
Masa Depan
Matahari
Max Dauthendey (1867-1918)
Media: Crayon on Paper
MEMBONGKAR MITOS KESUSASTRAAN INDONESIA
Menggugat Tanggung Jawab Kepenyairan Sutardji Calzoum Bachri
Michelangelo (1475-1564)
Mimpi
Minamoto Yorimasa (1106-1180)
Mistik
Mitos
Modest Petrovich Mussorgsky (1839-1881)
Mohammad Yamin
Mojokerto
Mozart
Natural
Nurel Javissyarqi
Orasi Budaya Akhir Tahun 2018
Pablo Neruda
Pahlawan
Pangeran Diponegoro
Panggung
Paul Valéry (1871-1945)
PDS H.B. Jassin
Pelantikan Soekarno sebagai Presiden R.I.S (17 Desember 1949)
Pembangunan
Pemberontak
Pendapat
Pengangguran
Pengarang
Penjajakan
Penjarahan
Penyair
Penyair Tak Dikenal
Peperangan
Perang
Percy Bysshe Shelley (1792–1822)
Perkalian
Pierre de Ronsard (1524-1585)
PKI
Plagiator
Post-modern
Potret Sang Pengelana (Nurel Javissyarqi)
Presiden Penyair
Proses Kreatif
Puisi
Puitik
Pujangga
PUstaka puJAngga
R. Ng. Ronggowarsito (1802-1873)
Rabindranath Tagore
Rainer Maria Rilke (1875-1926)
Realitas
Reuni Alumni 1991/1992 Mts Putra-Putri Simo
Revolusi
Revormasi
Richard Strauss (1864-1949)
Richard Wagner (1813-1883)
Rimsky-Korsakov (1844-1908)
Rindu
Robert Desnos (1900-1945)
Rosalía de Castro (1837-1885)
Ruang
Rumi
Sajak
Sakral
Santa Teresa (1515-1582)
Sapu Jagad
Sara Teasdale (1884-1933)
Sastra
SastraNESIA
Sayap-sayap Sembrani
Segenggam Debu di Langit
Sejarah
Self Portrait
Self Portrait Nurel Javissyarqi by Wawan Pinhole
Seni
Serikat Petani Lampung
Shadra
Sihar Ramses Simatupang
Sumpah Pemuda
Sungai
Surabaya
Suryanto Sastroatmodjo
Sutardji Calzoum Bachri
tas Sastra Mangkubumen (KSM)
Taufiq Wr. Hidayat
Telaga Sarangan
Temu Penyair Timur Jawa
Tengsoe Tjahjono
Thales
Trilogi Kesadaran
Tubuh
Ujaran-ujaran Hidup Sang Pujangga
Universitas Jember
Waktu
Walter Savage Landor (1775-1864)
Wawan Pinhole
William Blake (1757-1827)
William Butler Yeats (1865-1939)
Wislawa Szymborska
Yasunari Kawabata (1899-1972)
Yayasan Hari Puisi Indonesia 2017
Yogyakarta
Yuja Wang
Yukio Mishima (1925-1970)
Zadie Smith (25 Oktober 1975 - )
Kitab Para Malaikat
- MUQADDIMAH: WAKTU DI SAYAP MALAIKAT, I – XXXIX
- MEMBUKA RAGA PADMI, I: I – XCIII
- HUKUM-HUKUM PECINTA, II: I – CXIII
- BAIT-BAIT PERSEMBAHAN, III: I – XCIII
- RUANG-RUANG MENGABADIKAN, IV: I – XCVIII
- MUSIK-TARIAN KEABADIAN, V: I – LXXIV
- DIRUAPI MALAM HARUM, VI: I – LXXVII
- KEINGINAN-KEINGINAN MULIA, VII: I – LXXXVII
- DI ATAS TANDU LANGITAN, VIII: I – CXXIII
- ANAK SUNGAI FILSAFAT, IX: I – CI
- SEKUNTUM BUNGA REVOLUSI, X: I- XCI
- PENAMPAKAN DOA SEMALAM, XI: I- CVI
- DUKA TANGIS BUSA, XII: I – CXVIII
- GELOMBANG MERAWAT PANTAI, XIII: I – CXI
- MENGEMBALIKAN NIAT SUCI, XIV: I – CIX
- PEMBANGUN DUNIA GANJIL, XV: I – XCIII
- SIANG TUBUH, MALAM JIWANYA, XVI: I – CXIII
- SECERCA CAHAYA KURNIA, XVII: I – CI
- TANAH KELAHIRAN MASA, XVIII: I – CXXVII
- RUANG-WAKTU PADAT, XIX: I – XC
- MUAKHIR; KESAKSIAN-KESAKSIAN, XX: I – CXXVI
- Mulanya
- Menggugat Tanggung Jawab Kepenyairan Sutardji Calzoum Bachri (I)
- Menggugat Tanggung Jawab Kepenyairan Sutardji Calzoum Bachri (II)
- Menggugat Tanggung Jawab Kepenyairan Sutardji Calzoum Bachri (III)
- Menggugat Tanggung Jawab Kepenyairan Sutardji Calzoum Bachri (IV)
- Menggugat Tanggung Jawab Kepenyairan Sutardji Calzoum Bachri (V)
- Menggugat Tanggung Jawab Kepenyairan Sutardji Calzoum Bachri (VI)
- Menggugat Tanggung Jawab Kepenyairan Sutardji Calzoum Bachri (VII)
- Akhirnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar